Senin, 29 April 2013




MAKALAH SOFTSKILL
memanfaatkan peluang usaha




Nama                   : Siti Hardiana
Kelas                    : 2SA01
NPM                    : 16611806


UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR


            Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, penulis juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
            Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Kewirausahhan. Dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan makalah ini.
            Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.
            Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.








Depok,     April 2013





Penulis                       




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Setiap masyarakat tentu memerlukan Sembako untuk kehidupan sehari hari, untuk itupeluang  usaha toko sembako ini menjadi lahan usaha yang menjanjikan bagi sebagian masyarakat yang  terjun ke usaha sembako. Usaha rumahan toko sembako tidak mengenal musiman atau pasang  surut, hal ini karena produk sembako diperlukan oleh masyarakat setiap hari tanpa kenal berhenti. Semua lapisan masyarakat memerlukan sembako, baik itu lapisan masyarakat atas, kelas  menengah maupun lapisan masyarakat kecil semuanya memerlukan sembako dalam  kehidupannya. Oleh sebab itu, Usaha Rumahan Toko Sembako bisa anda geluti dan sangat  menjanjikan.

B.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memahami manfaat peluang usaha.




BAB II
 PEMBAHASAN

PEMBAHASAN Cara memulai Bisnis Retail Sembako - Bagaimana cara memulai bisnis Retail sembako? mungkin itu salah satu pertanyaan yang akan muncul di benak kita saat akan mendirikan sebuah usaha kecil berupa toko sembako. Dan selalu bertanya tanpa melakukan sebuah realisasi atas rencana yang telah kita buat. Berikut ini saya membagikan sedikit tips tentang memulai bisnis sembako

Berikut ini beberapa persiapan yang mungkin akan jadi pertimbangan awal kita !

1. Tempat usaha
Bagaimana cara memilih tempat usaha ?. Jika kita perhatikan tentang deretan toko grosir maka kita akan melihat pada umumnya toko sejenis itu berada di satu tempat yang sama, contoh, penjual HP akan berjejer di sekitar penjual HP pula. Alasannya karena orang sudah tau bahwa di sana tempat jual HP sehingga memudahkan kita dalam sistem promosi secara tidak langsung. Jika ingin membuat toko sembako, sebaiknya pilih di mana banyak terdapat toko sembako. Itu juga bisa di lakukan pada toko sembako rumahan (kelontong).

2. Modal Usaha
Dari mana modal usaha ?. Modal usaha yang paling umum adalah dengan meminjam melalui bank konvensional, tidak usah merasa takut untuk meminjam uang pada bank tetapi yang perlu di ingat bahwa mengajukan proposal pinjaman pada bank harus sesuai dengan kapasitas pendapatan usaha. Jangan sampai angsuran pinjaman bank tidak tertutupi oleh pendapatan. Berdasarkan survey saya cashflow persentase minimal retail adalah 3%. Cara kedua adalah dengan mencari pinjaman dari kerabat atau saudara, syaratnya cukup dengan menjaga kepercayaan. Pastikan beban usaha tidak melebihi kapasitas pendapatan usaha.

3. System 
Sebuah usaha harus memiliki system yang bisa menarik minat pelanggan, seperti beberapa toko membuka sistem discount pertiga bulan atau ada juga dengan cara cashback untuk perbelanjaan tertentu.

4. Promosi
Selain promosi tidak langsung kita juga harus melakukan promosi langsung seperti membuat catalog produk, harga barang dan berbagai inovasi promosi.

5. Management
Sebuah usaha tanpa management adalah seperti Manusia tanpa akal, karena bertindak mengikuti arus tanpa memikirkan kemana arus membawanya !, padahal sejatinya sebuah usaha harus punya sebuah tujuan dan perencanaan matang dengan menggunakan sebuah management yang baik.

Kunci Sukses Usaha Sembako
Untuk memulai usaha rumahan toko sembako, ada baiknya anda mengetahui hal hal berikut ini  yang dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha rumahan  sembako.

1. Tempat Usaha
Sebagai usaha rumahan tentu saja anda memerlukan tempat di dalam atau sekitar rumah anda,  siapkan ruang kosong yang paling strategis dan menghadap jalanan ramai. Jika modal anda  cukup anda bisa membangun kios di depan rumah untuk toko sembako anda, tentu ini lebih baik  hingga tidak mengganggu aktifitas rumah sehari hari. Walaupun usaha sembako biasa dilakukan  di rumah, anda juga bisa melakukannya di tempat lain seperti pasar atau membuka toko di  pinggiran jalan dengan menyewa atau membuat kios sendiri.
2. Modal Usaha
Modal usaha sembako itu relatif, seperti di jelaskan di atas. Berapapun modal usaha yang di  miliki bisa untuk membuat usaha sembako berjalan, tentu saja semakin besar semakin baik  walaupun itu bukanlah suatu jaminan pasti. Yang terpenting adalah ketersediaan barang  sembako walaupun sedikit.
3. Peralatan Toko
Anda mungkin harus menyediakan peralatan untuk kebutuhan operasional usaha sembako anda,  peralatan ini meliputi kalkulator untuk menghitung, etalase dan rak untuk memajang barang  dagangan, timbangan untuk menimbang barang sembako seperti gula dan terigu, gunting,  kantong plastik dan peralatan toko lainnya.
4. Kelengkapan Barang Sembako
Separti sudah diulas diatas, kelengkapan barang sangatlah penting untuk menghindari pembeli  yang kecewa karena tidak menemukan barang yang sedang dibutuhkannya. Bila pembeli ragu toko anda dapat menyediakan barang yang dibutuhkan, maka dia akan menycari toko sembako  lain dari pada datang ke tempat anda. Lengkapi barang dagangan walaupun jumlah barangnya  masih sedikit sedikit. Jangan menyetok suatu barang dalam jumlah banyak sedangkan barang  lain habis, usahakan tetap lengkap.
5. Tetapkan Harga Jual yang Pasti
Mengapa harga jual harus pasti, hal ini untuk menghindari kekecewaan pembeli karena harga  berubah rubah. Sebagai contoh saat pembeli berbelanja minyak goreng pada anda, anda  membirinya harga 10.000 perkilo. Sedangkan saat berbelanja kembali pada istri anda harganya  berbeda yaitu 11.000 perkilo, ini akan menimbulkan ketidak pastian dalam usaha. Samakan harga  jual baik itu anda yang melayani atau orang lain, begitu juga dengan pembeli jangan  mengistimewakan satu pembeli dengan pembeli lain walaupun itu tetangga, saudara maupun  orang yang hanya kebetulan lewat apalagi membuat harga getokan.

6. Jual Barang Dagangan Semurah Mungkin
Jual barang dagangan anda semurah mungkin asalkan masih mendapat keuntungan dari  penjualan tersebut walaupun sedikit, tentu saja tidak perlu semua barang dijual semurah mungkin. Cukup beberapa macam barang saja sebagai penarik konsumen datang ke toko sembako kita, barang lain dapat di jual sesuai harga pasar namun usahakan jangan lebih mahal dari usaha sejenis di sekitar kita.
7. Cari Barang Dagangan Yang Murah
Untuk menjual barang dagangan semurah mungkin namun masih memiliki memiliki marjin keuntungan, tentu anda harus mendapat barang yang murah pula. Oleh karena itu carilah agen, grosir atau distributor sembako yang dapat memasok usaha sembako anda dengan harga murah. Carilah pemasok utama dan beberapa pemasok barang lain sebagai cadangan bila barang yang kita butuhkan justru tidak tersedia di pemasok utama.
8. Buat Tampilan Toko Semenarik Mungkin
Membuat tampilan toko sembako kita semenarik mungkin adalah suatu keharusan, banyak pelanggan yang tadinya tidak berniat membeli suatu barang namun karena melihat barang tersebut jadi membelinya. Buatlah tampilan toko yang menarik, menimbulkan kesan toko anda penuh dan barang dagangan mudah terlihat.
9. Update Harga Jual
Harga barang sembako sering mengalami naik turun, anda harus sering mencari informasi tentang harga saat ini. Belilah barang dagangan dalam jumlah kecil dari pemasok cadangan, ini agar anda juga terus mengetahui harga dari mereka.
10. Manfaatkan Momen Tertentu
Pada saat tertentu harga sembako sering mengalami kenaikan dan penurunan yang drastis, misalkan saja pada hari raya. Belilah barang dagangan yang banyak selagi barang belum naik sebelum hari raya, anda dapat menikmati keuntungan yang tinggi karena harga barang tersebut akan naik pada saat hari raya. Saat setelah hari raya belilah barang sedikit saja asalkan toko sembako anda tetap lengkap, ini untuk mengurangi kerugian karena anda membeli barang masih harga tinggi dan mesti dijual dengan harga murah karena harga pasar barang tersebut turun. Momen tahun ajaran baru sekolah juga bisa anda manfaatkan dengan menyediakan peralatan sekolah lebih banyak dari biasanya.
11. Pelayanan Yang Baik
Berikan pelayanan yang baik bagi pelanggan anda sipapun itu, mau anak kecil, ibu ibu, bapak bapak, yang cerewet atau pendiam, layanilah semuanya dengan sabar, penuh senyum sambil sesekali bisa mengajaknya berbincang ringan.
12. Jam Usaha Yang Panjang
Setiap orang memerlukan sembako setiap saat, oleh sebab itu bukalah usaha sembako anda lebih awal dari yang lain dan menutupnya setelah hari beranjak malam.
13. Kejujuran
Bila barang sembako anda rusak atau kurang baik, jujurlah dengan mengatakannya pada pembeli dan jangan menutupinya. Begitu juga dengan perhitungan total yang jujur, seperti dalam menotalkan harga barang yang mesti di bayar misalnya.
14. Mulai Berfikir Mengembangkan Usaha
Bila usaha sembako anda sudah maju, mulailah berfikir untuk membangun usaha lain atau membuka cabang dan meningkatkan usaha rumahan toko sembako menjadi grosir sembako. Oleh karena itu mulailah untuk menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha, menciptakan sebuah sistem agar toko sembako anda bisa berjalan walaupun tanpa kehadiran anda dan medelegasikan tugas tugas anda.


BAB III
KESIMPULAN DAN PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Usaha rumahan toko sembako merupakan sebuah solusi yang dapat kita jalankan untuk mendapatkan penghasilan cukup besar. Walaupun memulainya dari rumah, tapi pertumbuhan bisnis rumahan dengan modal kecil saat ini sudah tidak dapat dipandang sebelah mata. Banyak pengusaha yang kini dapat sukses membawa bisnis rumahan menjadi industri besar, baik skala lokal maupun nasional. Selamat membuat usaha sembako.

B.     PENUTUP

Alhamdulilah berkat kesempatan yang diberikan Allah SWT  makalah ini dapat terselesaikan sesuai waktunya. Demikian yang dapat kami sampaikan dan tulisan dalam makalah ini , jika ada kekurangan maka kami selaku penulis memohon maaf yang sebesar besarnya serta besar harapan kami untuk mendapatkan saran-saran yang bermanfaat.



REFERENSI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar