Sabtu, 15 Juni 2013





MY CHILD’S HEALTHY FOOD


LATAR BELAKANG

   Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan pintar, untuk itu agar anak kita terjaga pertumbuhannya, maka harus memberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Namun tidak sedikit ibu-ibu yang tidak sempat untuk memberikan asupan makanan sehat yang cukup untuk buah hatinya dikarenakan sibuk dengan pekerjaan, maka dari itu kami hadir untuk membantu para ibu menyediakan makanan-makanan dan cemilan yang sehat dan bergizi untuk anak.

TUJUAN

   Tujuan dari usaha ini adalah untuk menyediakan makanan anak yang sehat dan bergizI untuk membantu para orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri, sehingga melalaikan kesehatan makanan anak.

VISI

   Visi kami dalam membentuk usaha ini adalah menyajikan makanan yang sehat, bergizi, higienis, dan bebas pengawet. Serta menjadi pilihan utama para orangtua sebagai produk terpercaya mereka.

MISI

   Misi kami dalam usaha ini adalah menomor satu kan kualitas bahan-bahan, menyajikan makanan yang higienis, dan tentunya makanan yang memiliki gizI tinggi yang dibutuhkan oleh anak. Karyawan yang bekerja dalam usaha ini adalah orang-orang yang tinggal di dekat rumah pemilik usaha, karena banyak orang yang belum memiliki pekerjaan alangkah lebih baik jika kami merekrut mereka sebagai karyawan kami. Dan mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen dengan mengirim produk dengan tepat waktu.

BUDAYA

   Budaya kami dalam usaha ini adalah kinerja karyawan yang optimal untuk memenuhi permintaan pasar, dan tentunya baik dalam proses pembuatan, penggunaan bahan, dan pengemasan, kami menjamin kehigienisan produk kami. Daya jual produk kami adalah makanan yang sehat, bergizI, bebas pengawet, higienis, dengan harga yang pas.

STRATEGI

   Strategi pemasaran produk kami adalah melalui social media (facebook, twitter, dan yahoo), dapat mengujungi website kami di http://www.mychildhealth.co.id, dapat menghubungi kami di nomor 021-593-81-648, dan kami membuka counter di rumah kami untuk pemesanan secara langsung. Lalu kami menyediakan  fasilitas pesan antar dengan menjamin ketepatan waktu.


ANALISIS PASAR

1.Segmentasi pasar:

-Aspek geografis: kami memasarkan produk kami khusus untuk daerah Jakarta timur dan selatan, belum menerima permintaan dari luar Jakarta timur dan selatan karena keterbatasan transportasi.

-Aspek demografis: pemasaran produk kami dikhususkan kepada kalangan menengah keatas, ibu-ibu atau bapak-bapak yang memiliki anak usia 3-10 tahun, dan produk kami adalah produk halal.

-Aspek sosiologis: kami tidak hanya memasarkan produk dengan online, karena tidak semua orangtua mengikuti perkembangan tekhnologi, maka kami pun membuka counter di rumah tempat proses pembuatan produk kami, sehingga konsumen dapat memesan langsung.

2.Target Pasar

   Target pemasaran kami adalah wilayah Jakarta timur dan selatan, ibu-ibu atau bapak-bapak yang memiliki anak usia 3-10 tahun, dengan pendapatan menengah keatas, semua agama dapat menikmati produk kami, terlebih wanita karir yang repot untuk menyiapkan makanan sehat untuk anaknya.

3.Analisa Keuangan

-ANGGARAN:

Nama                        Harga Persatuan              Jumlah Satuan          Jumlah Harga

Bahan-bahan                                                                                     Rp.9.000.000
Peralatan memasak                                                                            Rp.5.000.000
Kemasan                   @10.000\pack of cup        50pack                   Rp.500.000
Transportasi:
Motor second            @5.000.000\motor            2motor                   Rp.10.000.000
Bensin                        @5.000\liter                      10liter                     Rp.150.000
TOTAL                                                                                           Rp.24.650.000


-PENGHITUNGAN BEP:

Modal awal keseluruhan = Rp.24.650.000

Modal produk 1 (chicken nugget with vegetables)
=Rp.15.000\cup (15.000*240cup) 
  = Rp.3.600.000
Modal produk 2 (bento character with vegetables)
= Rp.19.000\cup (19.000*240cup) 
 = Rp.4.560.000
Modal produk 3 (cookies chocolate and fruit)
= Rp.11.000\cup (11.000*120cup)
   = Rp.1.320.000
TOTAL                                           = Rp.9.480.000

Harga jual produk 1 (chicken nugget with vegetables)
= Rp.20.000\cup (20.000*240cup)
 = Rp.4.800.000
Harga jual produk 2 (bento character with vegetables)
= Rp.25.000\cup (25.000*240cup) = Rp.6.000.000
Harga jual produk 3 (cookies chocolate and fruit)
= Rp.15.000\cup (15.000*120cup)
 = Rp.1.800.000
TOTAL                                          = Rp.12.600.000

KEUNTUNGAN KOTOR:

-Produk 1 (chicken nugget with vegetables)
Modal                
 =             Rp.3.600.000
Harga Jual           =             Rp.4.800.000
Keuntungan         =             Rp.1.200.000

-Produk 2 (bento character with vegetables)
Modal                
 =             Rp.4.560.000
Harga Jual           =             Rp.6.000.000
Keuntungan         =             Rp.1.440.000

-Produk 3 (cookies chocolate and fruit)
Modal                
 =             Rp.1.320.000
Harga Jual           =             Rp.1.800.000
Keuntungan         =             Rp.480.000

TOTAL KEUNTUNGAN KOTOR
 Rp.3.120.000, (3.120.000*30Hari) = Rp.93.600.000/bulan


 BIAYA TENAGA KERJA:
Karyawan Dapur               @2.000.000/bulan         5 karyawan         Rp.10.000.000
Karyawan Lapangan          @2.500.000/bulan         2 karyawan         Rp.15.000.000
Penjaga counter dan penerima pesanan (saya sendiri)
                                          @1.500.000/bulan         1 karyawan         Rp.1.500.000

TOTAL                                                                                             Rp.26.500.000

BIAYA TRANSPORTASI:
Bensin                                @5.000/liter                 10 liter/hari             Rp.500.000
TOTAL                                                                  300 liter/bulan     Rp.15.000.000

KEUNTUNGAN BERSIH:
Keuntungan Kotor – Biaya Tenaga Kerja – Biaya Transportasi
Rp.93.600.000 – Rp.26.500.000 – Rp.15.000.000 = Rp.52.100.000
MODAL BALIK TIDAK SAMPAI 1 BULAN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar