MY CHILD’S HEALTHY FOOD
LATAR BELAKANG
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan pintar, untuk
itu agar anak kita terjaga pertumbuhannya, maka harus memberikan asupan makanan
yang sehat dan bergizi. Namun tidak sedikit ibu-ibu yang tidak sempat untuk
memberikan asupan makanan sehat yang cukup untuk buah hatinya dikarenakan sibuk
dengan pekerjaan, maka dari itu kami hadir untuk membantu para ibu menyediakan
makanan-makanan dan cemilan yang sehat dan bergizi untuk anak.
TUJUAN
Tujuan dari usaha ini adalah untuk menyediakan makanan anak yang sehat dan
bergizI untuk membantu para orang tua yang terlalu sibuk dengan urusan mereka
sendiri, sehingga melalaikan kesehatan makanan anak.
VISI
Visi kami dalam membentuk usaha ini adalah menyajikan makanan yang sehat,
bergizi, higienis, dan bebas pengawet. Serta menjadi pilihan utama para
orangtua sebagai produk terpercaya mereka.
MISI
Misi kami dalam usaha ini adalah menomor satu kan kualitas bahan-bahan,
menyajikan makanan yang higienis, dan tentunya makanan yang memiliki gizI
tinggi yang dibutuhkan oleh anak. Karyawan yang bekerja dalam usaha ini adalah
orang-orang yang tinggal di dekat rumah pemilik usaha, karena banyak orang yang
belum memiliki pekerjaan alangkah lebih baik jika kami merekrut mereka sebagai
karyawan kami. Dan mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen dengan mengirim
produk dengan tepat waktu.
BUDAYA
Budaya kami dalam usaha ini adalah kinerja karyawan yang optimal untuk
memenuhi permintaan pasar, dan tentunya baik dalam proses pembuatan, penggunaan
bahan, dan pengemasan, kami menjamin kehigienisan produk kami. Daya jual produk
kami adalah makanan yang sehat, bergizI, bebas pengawet, higienis, dengan harga
yang pas.
STRATEGI
Strategi pemasaran produk kami adalah melalui social media (facebook,
twitter, dan yahoo), dapat mengujungi website kami di http://www.mychildhealth.co.id,
dapat menghubungi kami di nomor 021-593-81-648, dan kami membuka counter di
rumah kami untuk pemesanan secara langsung. Lalu kami menyediakan fasilitas pesan antar dengan
menjamin ketepatan waktu.
ANALISIS PASAR
1.Segmentasi pasar:
-Aspek geografis: kami memasarkan produk kami khusus untuk daerah Jakarta
timur dan selatan, belum menerima permintaan dari luar Jakarta timur dan
selatan karena keterbatasan transportasi.
-Aspek demografis: pemasaran produk kami dikhususkan kepada kalangan
menengah keatas, ibu-ibu atau bapak-bapak yang memiliki anak usia 3-10 tahun,
dan produk kami adalah produk halal.
-Aspek sosiologis: kami tidak hanya memasarkan produk dengan online, karena
tidak semua orangtua mengikuti perkembangan tekhnologi, maka kami pun membuka
counter di rumah tempat proses pembuatan produk kami, sehingga konsumen dapat
memesan langsung.
2.Target Pasar
Target pemasaran kami adalah wilayah Jakarta timur dan selatan, ibu-ibu
atau bapak-bapak yang memiliki anak usia 3-10 tahun, dengan pendapatan menengah
keatas, semua agama dapat menikmati produk kami, terlebih wanita karir yang
repot untuk menyiapkan makanan sehat untuk anaknya.
3.Analisa Keuangan
-ANGGARAN:
Nama
Harga Persatuan
Jumlah Satuan Jumlah Harga
Bahan-bahan Rp.9.000.000
Peralatan
memasak Rp.5.000.000
Kemasan @10.000\pack of
cup 50pack
Rp.500.000
Transportasi:
Motor
second @5.000.000\motor 2motor Rp.10.000.000
Bensin @5.000\liter
10liter Rp.150.000
TOTAL Rp.24.650.000
-PENGHITUNGAN BEP:
Modal awal keseluruhan = Rp.24.650.000
Modal produk 1 (chicken nugget with vegetables)
=Rp.15.000\cup (15.000*240cup) = Rp.3.600.000
=Rp.15.000\cup (15.000*240cup) = Rp.3.600.000
Modal produk 2 (bento character with vegetables)
= Rp.19.000\cup (19.000*240cup) = Rp.4.560.000
= Rp.19.000\cup (19.000*240cup) = Rp.4.560.000
Modal produk 3 (cookies chocolate and fruit)
= Rp.11.000\cup (11.000*120cup) = Rp.1.320.000
= Rp.11.000\cup (11.000*120cup) = Rp.1.320.000
TOTAL = Rp.9.480.000
Harga jual produk 1 (chicken nugget with vegetables)
= Rp.20.000\cup (20.000*240cup) = Rp.4.800.000
= Rp.20.000\cup (20.000*240cup) = Rp.4.800.000
Harga jual produk 2 (bento character with vegetables)
= Rp.25.000\cup (25.000*240cup) = Rp.6.000.000
= Rp.25.000\cup (25.000*240cup) = Rp.6.000.000
Harga jual produk 3 (cookies chocolate and fruit)
= Rp.15.000\cup (15.000*120cup) = Rp.1.800.000
= Rp.15.000\cup (15.000*120cup) = Rp.1.800.000
TOTAL = Rp.12.600.000
KEUNTUNGAN KOTOR:
-Produk 1 (chicken nugget with vegetables)
Modal = Rp.3.600.000
Modal = Rp.3.600.000
Harga Jual = Rp.4.800.000
Keuntungan = Rp.1.200.000
-Produk 2 (bento character with vegetables)
Modal = Rp.4.560.000
Modal = Rp.4.560.000
Harga Jual = Rp.6.000.000
Keuntungan = Rp.1.440.000
-Produk 3 (cookies chocolate and fruit)
Modal = Rp.1.320.000
Modal = Rp.1.320.000
Harga
Jual = Rp.1.800.000
Keuntungan = Rp.480.000
TOTAL KEUNTUNGAN KOTOR
= Rp.3.120.000, (3.120.000*30Hari) = Rp.93.600.000/bulan
= Rp.3.120.000, (3.120.000*30Hari) = Rp.93.600.000/bulan
BIAYA TENAGA KERJA:
Karyawan
Dapur @2.000.000/bulan 5
karyawan Rp.10.000.000
Karyawan Lapangan @2.500.000/bulan 2
karyawan Rp.15.000.000
Penjaga counter dan penerima pesanan (saya sendiri)
@1.500.000/bulan 1 karyawan Rp.1.500.000
TOTAL Rp.26.500.000
BIAYA TRANSPORTASI:
Bensin @5.000/liter 10
liter/hari Rp.500.000
TOTAL 300
liter/bulan Rp.15.000.000
KEUNTUNGAN BERSIH:
Keuntungan Kotor – Biaya Tenaga Kerja – Biaya Transportasi
Rp.93.600.000 – Rp.26.500.000 – Rp.15.000.000 = Rp.52.100.000
MODAL BALIK TIDAK SAMPAI 1 BULAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar